2/05/2009

Rumah sejuk, teduh dan asri

Pernahkah anda berkunjung ke suatu rumah dimana rumah tersebut terasa sejuk, asri dan teduh, sekalipun rumah itu tanpa AC atau berada di dalam kota? Nah jika kita pikirkan kata asri , arah pikiran kita teruju kepada warna hijau , yaitu warna rindangnya pepohonan , segarnya tanaman buah , tanaman hias dan tanaman bermanfaat lain disekitar rumah.

Kita gunakan dulu daya imanijasi kita dalam membuat Rumah Asri dengan memilih jenis jenis tumbuhan / pepohonan yang cocok untuk rumah kita. Mari mencatat beberapa jenis pohon yang sangat cocok untuk ditanam di rumah , bahkan ada beberapa pohon masuk dalam kategori langka yang perlu dilestarikan keberadaannya. Kita mulai membangun rumah asri dari memilih jenis tumbuhan yang akan kita tanam.
Diantaranya adalah:

1. Tanaman pohon / tumbuhan untuk halaman depan.
Pilih jenis pepohonan yang rindang dan berbuah , sehingga ketika pohon ini sudah besar dan menghasilkan buah buah nan cantik , akan semakin menambah daya tarik rumah anda semakin menarik dan nyaman ditinggali. Jenis jenis pepohonan itu antara lain : Pohon Kesemek, Salam, Sawo, Kedondong, Nangka, Jambu Merah, Mangga, Kecapi, Delima, Sawo Kecik, Sawo Bludru, Kokosan, Duwet, Maltoa, Mengkudu, Avocado, Kweni, Belimbing, Jeruk Purut dan pohon Kelengkeng.

2. Untuk halaman depan atau tengah seperti teras , pendopo dgn tanaman pendek seperti :
Pohon Bungan Mawar, Pakis, Palem, Bunga Kertas, Bunga Dahlia, Bunga melati, Daun Plastik, Anggrek, Paku Anthurium , Aglonema , Adenium , Euphorbia , Pachypodium dan Philodendrum.

3. Tanaman pohon / tumbuhan di area belakang rumah
Pilihlah jenis tumbuhan kesehatan yang mana selain menjadikan fungsi asri juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan secara alamiah.
Berikut jenis tanaman itu antara lain:
Pohon Adas, Kunyit, Temulawak, Temu Kunci, Jarak, Jeruk Purut dan Pohon Tomat.
Cabe Merah, Murbei, Pohon melati, Mengkudu, Lidah Buaya, Kencur, Kapulaga, Jahe dan Pepaya.

Sudah terbayangkan betapa asrinya rumah itu. Dari halaman depan , tengah sampai belakang ada tanaman tanaman yang sejuk , indah dan menarik.
Untuk membangun rumah asri diperlukan sket / layout rumah yang memberikan ruang cukup untuk space tanaman ini.

0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template